ZENIX, Kijang Innova Terbaru Kini Dengan Mesin HYBRID!
Toyota Kijang merupakan mobil yang terlahir di Indonesia sejak tahun 1977, dari waktu ke waktu Toyota Kijang terus mengalami perubahan yang selalu mengikuti perkembangan jaman. Kini di akhir tahun 2022, Toyota kembali mengenalkan publik dengan produk terbarunya, yaitu Toyota Kijang generasi terbaru yang saat ini sudah menginjak generasi ke-7 dan kini untuk pertama kalinya di usia eksistensi Toyota Kijang yang ke-45 tahun, Toyota Kijang hadir dengan beragam fitur canggih dan menarik yang belum pernah ada bahkan pada generasi sebelumnya, dan salah satu fitur yang menjadi daya tarik yang belum pernah muncul di Toyota Kijang generasi sebelumnya adalah Mesin Hybrid dan Panoramic Sunroof (Mulai tipe V Hybrid) yang kini menjadi sebuah fitur yang disematkan pada Toyota Kijang dengan nickname Innova Zenix ini dengan kode bodi AG10 sasis monokok TNGA-C yang kini sudah berubah drastis dari Kijang Innova Reborn yang merupakan Kijang generasi sebelumnya.
Sebelum kita bahas lebih lanjut, berikut ini merupakan spesifikasi resmi dari Toyota Kijang Innova Zenix terbaru yang sudah kami rangkum untuk anda ketahui.
DIMENSI
Body (mm) : P 4755, L 1850, T 1795
Wheelbase (mm) : 2850
Ground Clearance (mm) : 185
Front Tread (mm) : 1560 (G-V Type), 1550 (Q Type)
Rear Tread (mm) : 1580 (G-V Type), 1570 (Q Type)
Dimensi keseluruhan dari Kijang Innova Zenix ini bisa dibilang hampir sama dengan Kijang Innova Reborn atau Kijang Innova generasi sebelumnya, namun yang membedakannya hanyalah di Wheelbase-nya yang kini lebih panjang dibandingkan dengan Kijang Innova generasi sebelumnya dan dengan overhang depan belakang yang lebih pendek.
MESIN
Mesin : M20A-FXS 4-inline DOHC 16V, Dual VVT-i
Isi Silinder : 1987 (cc)
Rasio Kompresi : 14.0 : 1
Sistem Bahan Bakar : Direct Injection D-4S
Kapasitas Tangki : 52 (liter)
Max. Power (Full Sistem) : 183,4 HP (Mesin: 149,9 HP/6000 RPM)
Max. Power (Hybrid Motor) : 111,4 HP
Max. Torque (Mesin) : 187,3 Nm/4400-5200 RPM
Max. Torque (Hybrid Motor) : 205,9 Nm
Mesin yang digunakan Kijang Innova Zenix kini jauh berbeda dengan Kijang Innova generasi sebelumnya, jika pada generasi sebelumnya Kijang Innova menggunakan mesin bensin dengan kode 1TR-FE dan tersedia juga mesin diesel dengan kode 2GD-FTV, kini Kijang Innova menggunakan satu jenis mesin saja yaitu mesin bensin berkode M20A-FXS yang dikombinasi dengan Motor Listrik Hybrid dan bisa menggunakan mode EV atau mode listrik pada kondisi baterai terisi penuh hingga bisa menghemat bahan bakar sampai dengan perbandingan konsumsi 1:18-1:20, meskipun secara tenaga dan torsi di atas kertas terlihat seperti kurang memuaskan, namun perlu diingat jika aktualnya keberadaan Motor Listrik Hybridnya sangat cukup untuk membantu anda dalam berakselerasi secara instan. Kijang Innova Zenix juga tetap tersedia versi mesin bensin non-Hybrid dengan kode mesin yang sama, yang menghasilkan output tenaga maksimum 171,6 HP pada RPM 6600 dan torsi maksimum 204,9 Nm, rasio kompresi yang dihasilkan sedikit lebih kecil yaitu 13:1.
SASIS
Drivetrain : FWD
Transmisi : e-CVT with Sequential Shifting Mode
Suspensi Depan : MacPherson Strut
Suspensi Belakang : Torsion Beam
Stabilizer : Depan & Belakang
Rem Depan : Cakram Ventilated
Rem Belakang : Cakram dengan Elektric Parking Brake + Brake Hold
Selain mesin, drivetrain atau penggerak roda yang digunakan oleh Kijang Innova Zenix kini juga sangat berbeda dengan Kijang Innova generasi sebelumnya, jika pada Kijang Innova generasi sebelumnya penggerak roda yang digunakan adalah penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), kini Kijang Innova Zenix menggunakan penggerak Front Wheel Drive (FWD) dengan transmisi e-CVT yang bisa dipindahkan secara manual dengan jumlah percepatan 10-Speed Direct Shift, Kijang Innova Zenix juga kini sudah menggunakan rem cakram di ke-empat rodanya dan Rem Parkir Elektrik dengan Brake Hold serta fitur safety penunjang pada sistem pengereman seperti ABS, EBD, BA, HSA, dan VSC.
Tak hanya itu, kini suspensi depan Kijang Innova Zenix pun berbeda dari generasi sebelumnya, dimana jika pada Kijang Innova generasi sebelumnya menggunakan Double Wishbone, kini Kijang Innova Zenix menggunakan MacPherson Strut, yang artinya komponen suspensi depan kini dibuat lebih ringkas dari sebelumnya karena tidak lagi memiliki Upper Arm seperti Double Wishbone, yang juga artinya maintenancenya akan lebih mudah dan lebih murah, namun tanpa mengubah kualitas dari bantingan suspensi Kijang Innova Zenix ini, karena selain suspensinya, kini Kijang Innova Zenix juga sudah tidak lagi menggunakan sasis tangga atau Ladderframe seperti pada generasi sebelumnya, melainkan menggunakan sasis monokok dengan platform TNGA-C, yang artinya menjadi lebih ringan sekaligus rigid, lebih stabil dan lebih minim limbung dari Kijang Innova generasi sebelumnya sehingga dapat menghasilkan bantingan yang jauh lebih enak, apalagi dengan transmisi FWD yang dikenal lebih mudah soal handling untuk manuver, dikombinasi dengan power steering yang kini sudah menggunakan tipe elektrik, tidak lagi hidrolik.
BAN
205/65 R16 (G Type)
215/60 R17 (V Type, termasuk V Modellista)
225/80 R18 With Super Chrome (Q Type, termasuk Q Modellista)
205/65 R16 Velg Kaleng (Ban Cadangan Semua Type)
Ban serta velg yang digunakan pada Kijang Innova Zenix mengadopsi ukuran serta model baru, pada tipe G, ban yang digunakan berukuran 205/65 dengan velg alloy ring 16 inch. Pada tipe V serta V Modellista, ban yang digunakan berukuran 215/60 dengan velg alloy ring 17 inch. Lalu pada tipe Q serta Q Modellista, ban yang digunakan berukuran 225/80 dengan velg alloy ring 18 inch yang istimewa karena dibalut dengan aksen Super Chrome. Sementara pada ban serep untuk semua tipe menggunakan ukuran dan velg yang sama, yaitu 205/65 dengan velg kaleng berukuran ring 16 inch. Peletakan ban serep pada Kijang Innova Zenix masih tetap sama dengan Kijang Innova generasi sebelumnya, yaitu di kolong bawah belakang dan ditutup dengan cover plastik.
Vehicle Stability Control + Hill Start Assist (All Type)
Kamera Mundur (Type G-V), Kamera 360 with Panoramic View + Turning Assist (Type Q)
ISOFIX + Tether (All Type)
DVR/Built-in Dashcam (Type Q)
Toyota Safety Sense 3.0 (Type Q)
Blind Spot Monitoring (Type Q)
Toyota Immobilizer (All Type)
Keyless Entry (All Type)
Pada bagian safety, Kijang Innova Zenix tetap dilengkapi dengan berbagai fitur yang sama dengan Innova generasi sebelumnya namun kini dilengkapi dengan beberapa tambahan fitur safety yang lebih advance lagi dari generasi sebelumnya, semisal dengan hadirnya Toyota Safety Sense 3.0 yang menggunakan kamera serta radar cerdas yang dapat membuat mobil bisa mendeteksi tabrakan dan melakukan aksi mitigasi seperti pengereman otomatis serta pengencangan sabuk pengaman pada pengemudi maupun penumpang, lalu juga dapat mengoreksi dan mengikuti marka jalan secara otomatis, memberikan peringatan secara otomatis saat ada rambu pembatas kecepatan, mendeteksi lampu jauh dari arah berlawanan, dan juga mendeteksi jarak dengan kendaraan di depan sehingga dapat menyesuaikan kecepatan secara otomatis saat sedang menggunakan fitur Cruise Control. Anda dapat menyimak kecanggihan Toyota Safety Sense 3.0 pada video berikut ini.
Untuk varian mesin Hybrid, Toyota menghadirkan 5 tipe yang dapat dipilih, yaitu G, V, V Modellista, Q TSS, dan Q TSS Modellista. Sementara untuk varian mesin bensin non-Hybrid, Toyota hanya menghadirkan 2 tipe saja, yaitu G dan V. Berikut merupakan harga yang kami rangkum langsung dari situs Toyota Astra Motor.
2.0 G Gasoline (Rp. 419.000.000)
2.0 V Gasoline (Rp. 467.000.000)
2.0 G Hybrid (Rp. 458.000.000)
2.0 V Hybrid (Rp. 522.150.000)
2.0 V Hybrid Modellista (Rp. 532.000.000)
2.0 Q Hybrid TSS (Rp. 601.150.000)
2.0 Q Hybrid TSS Modellista (Rp. 611.000.000)
Setelah melihat berbagai spesifikasi, fitur serta harganya, apakah anda berminat membeli Kijang Innova Zenix baru ini? Sampaikan komentar anda di bawah ya, 4wheelers!
Komentar
Posting Komentar
Beri kami komentar anda :)