|
1999 Panoz Roadster |
Panoz, merek mobil yang mungkin jarang didengar belakangan ini, pada awal tahun 2000-an nama Panoz ini sangat melegenda karena Esperante GTR-1 mereka yang sukses berlaga di FIA GT Championship, 24 Hours Le Mans di Eropa, IMSA GT, United States Road Racing Championship, dan American Le Mans Series berkat rancangan khusus dari Panoz Auto Development yang bekerja sama dengan Reynard Motorsport. Namun Panoz yang kali ini kita bahas bukan Esperante GTR-1, namun sebuah Panoz yang pernah diproduksi terbatas dan hanya beredar 220 unit saja di dunia, yaitu Panoz AIV/Roadster, terdapat 2 nama pada mobil yang bentuknya unik ini.
Nama AIV digunakan untuk yang bermesin V8 4600cc, sementara nama Roadster digunakan untuk yang bermesin V8 5000cc, kedua mesin berkubikasi besar itu merupakan mesin yang berasal dari Ford Motor Company. Rupanya Panoz AIV/Roadster menggunakan running gear yang sama dengan Ford Mustang generasi-4 dengan kode SN-95, running gear yang sama diantaranya adalah mesin, transmisi 5-speed manual, speedometer, panel switch AC, bahkan hingga rear axle beserta suspensi independen yang digunakan pada bagian depan.
Panoz Roadster diproduksi sebanyak 44 unit saja dari tahun 1992-1995, sementara Panoz AIV diproduksi sebanyak 176 unit dari tahun 1996-1999. Mobil ini menjadi mobil yang benar-benar langka bahkan di Amerika sendiri yang merupakan negara asalnya. Mobil yang didesain oleh Freeman Thomas ini diproduksi di Panoz Auto Development Company di Hoschton, Georgia, USA.
|
DIMENSI
- Body (mm) : P 4039, L 1949, T 1321
- Wheelbase (mm) : 2654
- Ground Clearance : N/A
- Front Tread (mm) : 1699
- Rear Tread (mm) : 1618
- Curb Weight (kg) : 1166
- Body/Frame : Aluminum
|
|
MESIN |
- Mesin : Ford Modular V8 DOHC 32 Valve
- Isi Silinder (cc) : 4601 (AIV), 4951 (Roadster)
- Rasio Kompresi : 9,85:1
- Sistem Bahan Bakar : EFI
- Kapasitas Tangki (liter) : 43
- Max. Power : 304,9 BHP/5800 RPM
- Max. Torque : 406,75 Nm/4800 RPM
- Fuel Economy : 7,04 L/100km
|
SASIS
- Drivetrain : Front Engine, RWD
- Transmisi : 5-Speed Manual Borg-Warner T5
- Suspensi Depan : SLA with Coilovers
- Suspensi Belakang : 4-link with Coilovers
- Rem Depan : Cakram Ventilated
- Rem Belakang : Cakram
| BAN, FITUR SAFETY, TOP SPEED
- Ban Depan : 245/40Z R18
- Ban Belakang : 295/35Z R18
- Sistem Pengereman : ABS 4 Channel
- 0-60 mp/h : 4,6 Detik
- Top Speed : 225,43 km/h, 140 mp/h
|
|
|
|
Interior Panoz AIV 1996-1999, terlihat menggunakan speedometer yang sama dengan Ford Mustang generasi ke-4
|
|
|
Jajaran Panoz AIV terakhir yang saat ini ada di museum Panoz |
TRIVIA
Panoz AIV/Roadster dihadirkan dalam game Midtown Madness yang dirilis pada tahun 1999 dan bahkan dijadikan mobil ikonik dalam game tersebut.
Bagaimana mobil unik dari Panoz ini? Cukup keren bukan?
Komentar
Posting Komentar
Beri kami komentar anda :)