MEGA CRUISER, Hummer-nya Toyota!
Toyota Mega Cruiser, merupakan mobil yang dikenalkan oleh Toyota pada tahun 1995 yang terlihat menyerupai sebuah Hummer karena bodi-nya yang begitu lebar dan ukurannya yang besar yang sangat mencerminkan sekali nama Mega Cruiser.
Pada awalnya Toyota menciptakan mobil ini untuk memenuhi kebutuhan militer di negara asalnya yaitu Jepang, sama seperti Hummer yang juga awalnya diciptakan untuk keperluan demikian di negara asalnya, namun selain untuk keperluan militer, Toyota juga rupanya menciptakan Mega Cruiser versi sipil (BXD20) yang bisa dibeli oleh masyarakat. Namun sayangnya Toyota hanya memproduksi Mega Cruiser sebanyak 3000 unit saja di Jepang dari mulai tahun 1995-2001, setelah itu produksi serta penjualannya dihentikan karena beberapa alasan yang berhubungan dengan pajak dan kondisi jalanan di Jepang yang tergolong kecil dan sempit untuk mobil sebesar Mega Cruiser.
Berikut merupakan spesifikasi Mega Cruiser yang sudah kami rangkum.
Dimensi |
- Body (mm) : P 5090, L 2170, T 2075
- Wheelbase (mm) : 3395
- Ground Clearance (mm) : 420
- Front Tread (mm) : 1795
- Rear Tread (mm) : 1775
- Curb Weight (kg) : 2900
- GVWR (kg) : 3830
- Payload (kg) : 600
Dimensi Mega Cruiser yang lebarnya 2 meter lebih sedikit ini tentu membuat anda perlu berhati-hati jika menggunakan mobil ini di jalanan publik yang lebarnya tergolong sempit, namun berkat fitur 4 Wheel Steering yang sudah terdapat secara standar pada mobil ini, bermanuver dan berbelok di jalanan yang tergolong sempit akan jauh lebih mudah.
Mesin
|
Mesin pada Mega Cruiser ini merupakan mesin yang hampir sama yang digunakan pada Toyota Coaster dan Toyota Dyna.
Sasis
- Drivetrain : 4WD with High & Low Gear Selection
- Transmisi : 4 Speed Automatic with O/D
- Differential : Center Differential Lock
- Turning Radius : 5,6 (m) with 4 Wheel Steering (4WS)
- Suspensi Depan : Independent Double Wishbone
- Suspensi Belakang : Independent Double Wishbone
- Rem Depan : Cakram Ventilated
- Rem Belakang : Cakram Ventilated
- Ukuran Ban : 37 x 12,50 R 17,5-8 (Run Flat)
Mega Cruiser dilengkapi dengan penggerak 4 roda dan bahkan stir 4 roda sebagai standar dari semua varian Mega Cruiser baik itu versi militer dengan kode bodi BXD10 maupun versi sipil dengan kode bodi BXD20. Mega Cruiser juga sudah dilengkapi dengan rem cakram di ke-empat rodanya. Mega Cruiser juga dilengkapi dengan suspensi independen di ke-empat rodanya sehingga kemampuan untuk offroadnya tidak perlu lagi diragukan.
Jika anda lihat lebih jelas, pada pintu belakang Mega Cruiser ini terdapat sedikit Quirks yaitu ada 2 wiper belakang yang digunakan pada mobil ini.
Interior Toyota Mega Cruiser BXD20 (Versi Sipil) |
Interior pada Toyota Mega Cruiser dibuat secara khusus oleh Toyota dengan sebuah konsol besar di bagian tengah yang memisahkan antara penduduk di bagian kanan dan kiri. Nampak terlihat stir 3 palang Toyota yang juga digunakan pada Land Cruiser seri 80, shifter transmisi otomatis konvensional yang umum digunakan mobil-mobil Toyota seangkatan, handle rem tangan mekanikal, shifter 4WD dengan urutan H-N-L, dashboard dengan speedometer yang begitu sederhana lalu di sampingnya terdapat panel kecil yang terdapat jam digital beserta knob diff-lock, lalu pada bagian konsol tengah terdapat sistem multimedia yang diletakan menghadap ke arah supir lengkap beserta cigarrete lighter dan asbaknya, lalu juga panel tombol power windows yang diletakan di bagian kiri shifter transmisi.
Tampak depan Toyota Mega Cruiser BXD10 (Versi Militer) |
Tampak depan Toyota Mega Cruiser BXD10 (Versi Militer) |
Tampak depan Toyota Mega Cruiser BXD20 (Versi Sipil yang digunakan untuk kebutuhan Militer) |
Bagaimana salah satu mobil berukuran besar buatan Toyota ini? Cukup menarik bukan?
Komentar
Posting Komentar
Beri kami komentar anda :)